PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP
PROFESIONALISME DOSEN AKUNTANSI
Studi
Kasus pada Universitas Swasta
yang Ada di Daerah
Istimewa Yogyakarta
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum.wr.wb.
Alhamdulilahi Rabbil’alamin, segala puji bagi
Allah SWT yang memberi kenikmatan dan kekuatan untuk penulis menyelesaikan
skripsi yang bejudul “PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP PROFESIONALISME
DOSEN AKUNTANSI
Studi Kasus pada Universitas Swasta yang
Ada di Daerah Istimewa Yogyakarta”.
Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat
untuk memperoleh gelar Sarjana S1 Ekonomi pada jurusan Akuntansi Fakultas
Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Penulis menyadari keberhasilan dalam menyelesaikan
karya ilmiah ini tidak terlepas dari do’a, dukungan, bimbingan, kritik, saran ,
serta masukan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis dengan segala kerendahan
hati dan ketulusan yang mendalam ingin
menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Bapak
Drs. Kasiyarno, M. Hum selaku Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
2.
Bapak
Drs. Sukardi, MM. Selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan
Yogyakarta
3.
Ibu
Sartini, SE., M Si., Ak. Selaku Kaprodi akuntansi Universitas Ahmad Dahlan
Yogyakarta serta sekaligus telah sudi membimbing penulis dalam menyelesaikan
karya ilmiah ini.
4.
Seluruh
dosen dan karyawan yang ada di
lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
5.
Bapak
dan Ibu tercinta dengan do’a dan semangatserta
pengorbananmu yang memberikan banyak
bekal kepada penulis untuk menatap hari depan
6.
Kakak-kakakku
semua (Rofi’I, Samsudin, Asrowi) terima kasih telah menjadi kakak yang penuh
perhatian dan kasih sayang
7.
Kakak
Iparku semua dan keponakan-keponakanku yang lucu, terima kasih atas semua
dukungan dan semangat yang telah. engkau berikan
8.
Keluarga
besarku semua, terima kasih atas bantuannya dan
maaf bila banyak ngerepoti semua.
9.
Sahabat-sahabatku
Asrama Mahasiswa Lampung, thanks ya atas kekerabatan dan kekeluargaan yang
engkau berikan. (Sanye, Tommex, Bemi, Jablay, Su’ud,Sodiq, Jabrik,Habibah,
Drogba, One Bii, Ari2, Pak Syarif, Yanto, N dkk)
10. Keluarga Besar Lampung (Himpala, N IKPM semua,
Amila, PS Himalaya) terima kasih atas persahabannya.
11. Sahabat HIPMATUBA dari A sampai Z,thanks
telah banyak memberikan bekal ilmu dan
pengalaman selama bersama kalian..
12. Makasih buat temen2 AKT ’05 atas
kebersamaannya, meski engkau telah duluan dalam penyelesaian kuliah.
13. Temen2 AKT ’06 terima kasih telah membantu
sel...dan thanks juga telah menjadi sahabat selama ini.
14. Untuk semuanya saja yang tidak peulis
sebut di atas. Terima kasih tak terhingga hanya penulis ucapkan dengan sepenuh.
Jiwa kepada kalian.
Semoga Allah SWT memberikan balasan yang lebih
baik atas semua kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Kesempurnaan
hanya milik Allah SWT yang maha Luas Ilmu-Nya. Semoga skripsi ini bermanfaat
bagi semua.
Wassalamu’alaikum.wr.wb.
Yogyakarta, Juli 2011
Penulis,
Samsul Hadi
DAFTAR ISI
PENGANTAR
JUDUL.............................................................................................. i
PENGANTAR
PERSETUJUAN............................................................................... ii
PENGANTAR
PENGESAHAN................................................................................ iii
PENGANTAR PERNYATAAN............................................................................... iv
PENGANTAR
MOTTO............................................................................................ v
PENGANTAR PERSEMBAHAN............................................................................ vi
KATA
PENGANTAR............................................................................................... vii
DAFTAR
ISI.............................................................................................................. x
DAFTAR
GAMBAR................................................................................................. xii
DAFTAR
TABEL..................................................................................................... xiii
INTISARI.................................................................................................................. xv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang............................................................................. 1
B.
Perumusan
Masalah...................................................................... 6
C.
Batasan
Masalah.......................................................................... 6
D.
Tujuan
Penelitian.......................................................................... 7
E.
Manfaat
Penelitian........................................................................ 8
F.
Sistematika
Pembahasan.............................................................. 8
BAB II LANDASAN
TEORI
A.
Pendidikan
Akuntansi di Indonesia.............................................. 10
B.
Jasa
Akuntansi di Indonesia......................................................... 11
C.
Persepsi......................................................................................... 12
D.
Profesionalisme
Dosen................................................................. 17
E.
Profesionalisme
dan Persaingan Global....................................... 27
F.
Penelitian
Terdahulu.................................................................... 30
G.
Rerangka
Teoritis dan Pengembangan Hipotesis........................ 34
BAB III METODA PENELITIAN
A.
Populasi
dan Sampel Penelitian................................................... 42
B.
Jenis
dan Sumber Data................................................................. 42
C.
Teknik
Pengumpulan Data........................................................... 42
D.
Variabel
Operasional dan Teknik Pengembangan
Instrumen..... 44
E.
Analisa
Data............................................................................... 47
BABA IV ANALISA DATA
A.
Analisis
Deskriptif........................................................................ 53
B.
Uji
Validitas
Data......................................................................... 59
C.
Uji
Reliabilitas.............................................................................. 66
D.
Uji
Hipotesis................................................................................. 68
E.
Pembahasan.................................................................................. 76
BAB V PENUTUPAN
A.
Kesimpulan................................................................................... 80
B.
Keterbatasan................................................................................. 81
C.
Saran............................................................................................. 82
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
INTISARI
Profesionalisme adalah sebagai tingkat penguasaan
dan pelaksanaan terhadap tiga hal, yaitu knowledge
(pengetahuan), skill (keterampilan)
dan ethics (etika). Seorang yang
profesional akan mempunyai tingkat tertentu
pada ketiga bidang tersebut. Seorang pengajar akuntansi sangat mutlak
memerlukan profesionalisme yang cukup. Hal ini disebabkan oleh adanya tuntunan
bahwa dosen yang tidak profesional akan menghasilkan lulusan yang juga tidak profesional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada perbedaan persepsi mahasiswa tentang profesionalisme dosen akuntansi
yang bergelar Akuntan (Akt) dengan dosen yang bergelar Non-Akuntansi (Non-Akt).
Selain itu penelitian ini ditujukan untuk menguji ada tidaknya pengaruh IPK, latar belakang pendidikan sebelumnya,
pengalaman berorganisasi dan kesibukan diluar kuliah mahasiswa terhadap persepsi mahasiswa tentang profesionalisme
dosen. Subjek dalam penelitian ini meliputi mahasiswa akuntansi Universitas
Swasta di Yogyakarta yaitu Universitas Ahmad
Dahlan (UAD), Universitas Mercu Buana (UMB), Universitas Janabadra
(UJB), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” (UPN) dan Universitas Kristen Duta
Wacana (UKDW). Dengan sampel sebanyak 129 responden dari kelima universitas
tersebut. Cara pengambilan sampai dengan metode purposive sampling,dan terdapat lima hipotesis dalam penelitian
dengan menggunakan uji beda sampel bebas dan regresi.
Dari hasil penelitian menurut beberapa mahasiswa
terhadap profesionalisme dosen akuntansi yang bergelar Akuntan (Akt) dengan
yang bergelar Non-Akuntansi (Non-Akt)
menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi mahasiswa tentang profesionalisme
dosen. Mahasiswa masih menilai bahwa dosen akuntansi yang bergelar Akuntansi
(Akt) lebih profesionalisme dari pada dosen akuntansi yang bergelar
Non-Akuntansi (Non-Akt). Berkaitan dengan analisis pengaruh IPK, latar belakang
pendidikan sebelumnya, pengalaman berorganisasi dan kesibukan diluar kuliah
mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat varian tersebut tidak
berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa tentang profesionalisme dosen.
Kata Kunci : persepsi, profesionalisme, Akuntan (Akt)
PERUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang, permasalahan
penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Adakah perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi tentang tingkat profesionalisme dosen yang bergelar Akuntansi (Akt) dengan tingkat profesionalisme dosen yang bergelar Non-Akuntansi (Non-Akt)?
- Adakah pengaruh IPK mahasiswa, pendidikan mahasiswa sebelumnya, pengalaman berorganisasi, kegiatan lain mahasiswa di luar jam kuliah terhadap persepsi mereka tentang profesionalisme dosen akuntansi?
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil analisis tentang studi persepsi
mahasiswa akuntansi terhadap profesionalisme dosen akuntansi yang bergelar
akuntansi (Akt ) dan Non-Akuntansi (Non-Aakt) pada Perguruan Tinggi (Universitas Swasta) yang ada di Yogyakarta
sebagaimana yang telah dijelaskan pada BAB IV, dari hasil penelitian terhadap
persepsi beberapa mahasiswa dapat
diambil beberapa kesimpulan :
- Tingkat profesionalisme yang dimiliki oleh dosen akuntansi yang bergelar Akuntansi
(Akt) lebih baik dari pada dosen yang bergelar Non-Akuntansi
(Non-Akt). Dalam hal ini terdapat perbedaan
persepsi mahasiswa terhadap profesionalisme dosen akuntansi yang bergelar
Akuntansi (Akt) dengan profesionalisme
dosen yang bergelar Non-Akuntansi (Non-Akt).
Pengambilan keputusan dengan dasar equal variance not assumed, dapat dilihat
nilai Sig terhitung sebesar 0,000. Nilai Sig 0,000 < 0,05 maka, artinya ada
perbedaan profesionalisme
Akuntan (Akt) dengan dosen yang bergelar
Non-Akuntan.
- Tidak ada pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa, latar belakang pendidikan mahasiswa sebelumnya, pengalaman berorganisasi mahasiswa dan kegiatan lain mahasiswa terhadap persepsi mereka tentang profesionalisme dosen akuntansi yang bergelar Akuntan (Akt) maupun profesionalisme dosen akuntansi yang bergelar Non-Akuntan (Non-Akt).
Hal ini di buktikan dengan melihat nilai Sig
masing-masing dari variabel Independen.
ANALISIS
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN FLEXI
(Studi
Kasus Pada Plasa Telkom Semarang Drive
IV)
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat
Allah SWT, yang
Telah melimpahkan rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga penulis dapat
Menyelesaikan laporan penulisan skripsi yang berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Ppelanggan Flexi”.
Penulisan skripsi merupakan salah satu syarat
untuk memperoleh gelar sarjana strata satu (S1) Program Studi Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas
Ahmad Dahlan Yogyakarta. Skripsi ini dapat tersusun berkat bimbingan dan
dorongan serta bantuan dari berbagai pihak kepada penulis. Dengan
terselesaikannya penulisan skripsi ini perkenankanlah penulis mengucapkan
terima kasih kepada :
- Bapak Drs. H. Kkasiyarno M.Hum. Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk menempuh studi di Universitas Ahmad Dahlan.
- Bapak Drs. Sukardi, MM. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yang telah memberikan ijin penelitian kepada peneliti.
- Ibu Tina Sulistiyani, SE., MM. Ketua Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yang telah memberikan ijin penulisan skripsi kepada penulis.
- Ibu Fitroh Adhilla, SE., Msi. Dosen Pembimbing yang telah memberikan bimbingan, dan pengarahan kepada penulis dengan penuh kesabaran hati.
- Seluruh Dosen dan Staf Pengajar, Karyawan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, yang telah memberikan bekal ilmu kepada penulis.
- Staf Karyawan Plasa Telkom Semarang Drive IV
Untuk melakukan penelitian skripsi.
- Kedua orangtuaku Dr. Bermawy Munthe, M.A dan Umy Enny Untung yang selalu mendoakan serta memberikan motivasi, dorongan moral maupun materiil sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi.
- Saudaraku Ahmad Zendehrud munthe dan Gibriel Hayyan Munthe yang telah memberikan dorongan serta semangat. Terima Kasih.
- Erwinsyah Ismail, terima kasih atas dorongan dan motivasi untuk terus maju.
- Seluruh saudara-saudaraku, yang telah membantu dan memotivasi penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Semoga persahabatan ini akan terus berlanjut.
- Semua responden yang telah meluangkan waktu untuk mengisi kuesioner.
Semoga amal kebaikan dan segala bimbingan serta
bantuan yang telah diberikan kepada penulismrndapat rahmat serta ridho Allah
SWT. Akhirnya, penulis menyadari tidak ada kesempurnaan pada diri
manusia,karena kesempurnaan hanya milik Allah dan hanya Allah lah yang penulis
harapkan menjadikan karya kecil ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Yogyakarta, 15 July 2009
Penulis
Henany Hanum Munthe
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................. i
HALAMAN
PERSETUJUAN.................................................................................. ii
HALAMAN
PENGESAHAN................................................................................... iii
HALAMAN
PERNYATAAN................................................................................... iv
MOTTO..................................................................................................................... v
KATA........................................................................................................................ vi
PENGANTAR........................................................................................................... ix
DAFTAR
ISI.............................................................................................................. xiii
DAFTAR TABEL...................................................................................................... xiv
DAFTAR GAMBAR................................................................................................. xv
DAFTAR BAGAN.................................................................................................... xvi
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................................. xvii
INTISARI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah..................................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah............................................................................................... 5
C.
Tujuan
Penelitian................................................................................................ 6
D.
Manfaat
Penelitian.............................................................................................. 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.
Landasan
Tteori.................................................................................................. 8
1.
Pengertian
Pemasaran.................................................................................... 8
2.
Manajemen
Pemasaran.................................................................................. 8
3.
Konsep
Pemasaran........................................................................................ 10
4.
Konsep
Manajemen
Pemasaran..................................................................... 11
5.
Kepuasan
Konsumen..................................................................................... 13
6.
Perilaku
Konsumen....................................................................................... 14
7.
Strategi
Pemasaran
Jasa................................................................................. 16
8.
Kualitas
Pelayanan......................................................................................... 16
B.
Hasil
Penelitian Perdahulu.................................................................................. 21
C.
Hipotesis............................................................................................................. 22
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Populasi Sampel dan Teknik Pengambilan
Sampel........................................... 23
B.
Jenis
Data............................................................................................................ 25
1.
Data
Primer.................................................................................................... 25
2.
Data
Sekunder................................................................................................ 25
C.
Teknik
Pengumpulan
Data................................................................................. 25
1.
Kuesioner...................................................................................................... 26
2.
Wawancara.................................................................................................... 26
D.
Definisi
Operasionalisasi
Variabel..................................................................... 26
1.
Variabel
Independent(X)............................................................................... 29
2.
Variabel
Tergantung
(Y)............................................................................... 29
E.
Alat
Ukur Variabel Penelitian…………………………………………………. 29
F.
Uji
Instrumen………………………………………………………………….. 31
1.
Uji
Validitas……………………………………………………………….. 31
2.
Uji
Reliabilitas…………………………………………………………….. 31
G.
Uji
Hipotesis dan Analisis Data……………………………………………… 32
1.
Analisis
Deskriptif…………………………………………………………. 32
2.
Analisis
Kuantitatif………………………………………………………… 32
3.
Regresi
Linear Berganda…………………………………………………… 32
4.
Uji
Simultan (uji F)………………………………………………………… 33
5.
Uji
Parsial (uji t)……………………………………………………………. 34
6.
Uji
Koefisien Determinasi…………………………………………………. 35
BAB IV GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
A.
Sejarah
Berdirinya Perusahaan……………………………………………….. 36
B.
Visi
dan Misi PT. Telkom……………………………………………………. 39
C.
Logo
PT. Telkom……………………………………………………………… 40
D.
Kredo
PT. Telkom…………………………………………………………….. 41
E.
Maskot PT. Telkom…………………………………………………………... 42
F.
Struktur
Organisasi PT. Telkom………………………………………………. 43
G.
Budaya
Perusahaan……………………………………………………………. 44
H.
Strategi
Bisnis…………………………………………………………………. 46
I.
Unit-Unit
Bisnis PT. Telkom…………………………………………………. 48
J.
PT.
Telkom Groups……………………………………………………………. 50
K.
Produk
dan Layanan Retail……………………………………………………. 51
L.
Produk
dan Layanan Korporasi……………………………………………….. 52
M.
Jaringan……………………………………………………………………….. 54
BAB V ANALISIS DATA DAN
PEMBAHASAN
A.
Uji
Kualitas Data……………………………………………………………… 56
1.
Uji
Validitas……………………………………………………………….. 64
2.
Uji
Reliabilitas…………………………………………………………….. 66
B.
Analisis
Data (uji Hipotesis)………………………………………………….. 66
1.
Analisis
Deskriptif………………………………………………………..... 66
2.
Analisis
Regresi Berganda………………………………………………… 68
3.
Koefisien
Determinan (R2)………………………………………………… 71
4.
Uji Hipotesis………………………………………………………………. 72
a.
Uji signifikan Parsial (uji Statistik t)………………………………….. 72
b.
Uji signifikan Simultan (Uji Statistik F)……………………………… 76
C.
Pembahasan…………………………………………………………………… 78
BAB VI PENUTUP
A.
Kesimpulan…………………………………………………………………… 80
B.
Saran………………………………………………………………………….. 81
C.
Keterbatasan Penelitian………………………………………………………. 82
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
INTISARI
Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis apakah variable kualitas pelayanan yang meliputi :
tangible, reliability, responsiveness,
assurance, empathy, service facilities, dan competence mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Telkom Flexi divre IV dan untuk menganalisis variable kualitas
pelayanan apa yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Telkom Flexi
divre IV.
Dalam
penelitian ini populasinya adalah
pelanggan Telkom Flexi divre IV, metode yang digunakan adalah Purposive sampling dan Convenience dengan kriteria nasabah yang
telah menggunakan produk Flexi minimal pada kurun waktu 3 bulan terakhir.
Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Uji-t dan Uji-F dan Uji determinan (R2).
Dengan menggunakan Uji-T diperoleh t-hitung sebesar
2,180 untuk variable tangible,
t-hitung sebesar 2,005 untuk variable responsiveness,
t-hitung sebesar 0,285 untuk variabl reliability,
t-hitung sebesar 0,409 untuk variable assurance,
t-hitung sebesar 0,247 untuk variable empathy,
t-hitung sebesar 0.985 untuk variable Service
Facilities, t-hitung sebesar 0,221 untuk variabel Competence. Sedangkan t-table sebesar 1,9861. Dari ke tujuh variable
tersebut terlihat bahwa variable
tangible dan responsiveness t-hitung
> t-table dengan demikian, kualitas pelayanan (tangible dan responsiveness )
secara parsial terpengaruh terhadap
kepuasan konsumen. Variabel reliability, assurance, empathy, service
facilities, dan competence t-hitung
< t-tabel dengan demikian, kualitas pelayanan (reliability, assurance, empathy, service facilities, dan competence) secara parsial tidak
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan dengan menggunakan Uji-F diperoleh F-hitung sebesar 12,105 dan F-tabel sebesar 2,87.
Dengan demikian F-hitung > F-tabel, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (Tangible,Rreliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, service
facilities, dan competence)
secara bersama-sama berpengaruh terhadap
tingkat kepuasan konsumen. Berdasarkan Uji Koefisisen Determinasi (R2)
adalah 0,479. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya presentase sumbangan atau
kontribusi variable tangible,
reliability, responsiveness, assurance, empathy, service facilities, dan competence secara bersama-sama
berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah adalah sebesar 47,9 %. Sisanya
52,1 5 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasrkan pada uraian latar belakang diatas maka dapat
ditarik rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana pengaruh secara
parsial/sendiri-sendiri variabel kualitas pelanggan yang meliputi : tangible, reliability, responsiveness,
assurance, empathy, service facilities, dan competence terhadap kepuasan pelanggan Flexi pada Plasa Telkom Semarang divre IV?
2.
Bagaimanakah pengaruh secara serempak/simultan
variabel yang meliputi : tangible,
reliability, responsiveness, assurance, empathy, service facilities, dan competence terhadap kepuasan
pelanggan Flexi pada Plasa Telkom
Semarang divre IV?
KESIMPULAN
Berdasarkan
hasil pengujian statistic yang dilakukan dalam bab V mengenai kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Flexi Divre IV, maka dapat disimpulkan
bahwa :
1.
Secara parsial atau sendiri-sendiri, disimpulkan
dari ketujuh variabel kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, service
facilities, dan competence. Variabel
tangible dan responsiveness
berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan veriabel reliability,
assurance, empathy, service facilities, dan competence tidak berpengaruh secara
positif terhadap kepuasan konsumen. Perbandingan antara nilai thitung
masing-masing variabel tersebut
jugadiketahui bahwa thitung variabel Tangible (X1) = 2,180 adalah yang paling besar
dibandingkan dengan nilai thitung lainnya. Dengan demikian disimpulkan
bahwa variabel Tangible (X1) adalah Variabel yang paling dominasi pengaruhnya terhadap
kepuasan pelanggan Flexi.
2.
Dari hasil pengujian secara simultan atau bersama-sama (F-test) di dapat niali Fhitung
12,105. Nilai ini lebih besar dari pada nilai Ftabel dengan
menggunakan taraf signifikan α = 0,05
dan df = (k-1, n-k), Ftabel (7,92) = 2,87. Sehingga disimpulkan ketujuh
dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, service
facilities, dan competence secara
serempak/bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Flexi.
TUGAS BAHASA INDONESIA
OLEH:
YUNINGSIH
11012014
AKUNTANSI C
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar